perkembangan industri herbal medicine di indonesia

perkembangan industri herbal medicine di indonesia
perkembangan industri herbal medicine di indonesia

@andrybooth cari di google kata 'cannabis', maka kau akan mendapatkan sekitar21.900.000 petunjuk. ada artikel berisiberita-berita dan informasi, forum diskusi.. website, statistik, video dan foto bahkan games. ada banyak hal tentang cannabis di internet. tapi apakah sesungguhnya cannabis itu?

umm.. umm.. saya pikir, apa umm.. uh... umm... tidak mengherankan mengapa orang-orang bingung. mungkin karena cannabis tak dapatdijelaskan ke dalam satu kalimat. kita semua tahu cannabis dipanggil bionic,bomb, bhang, black, herb, sensi, chronic, sweet mary jane, shit, bomb,ganja, reefer, bud, buddha, home grown, ill, maui-wowie,method, pot, shaker..

tunggu dulu.. sepanjang apapun daftar barusan, semuanya itu istilah cannabis ketikadigunakan sebagai narkotika. tapi tanaman cannabis dapat digunakan untuk tujuanlain selain hanya membuat giting. apa yang kau ketahui tentang hemp? ada 3 jenis tanaman. cannabis sativa,cannabis indica dan cannabis ruderalis. tanaman ini memiliki tiga strain. semuanya cannabis.. tidak perlu membingungkankalian tentangnya...

masing-masing strain memilikikadar aktif yang berbeda. dahulu kala, ketika kuilyunani kuno ini baru berdiri, hemp sudah ada melayanikebutuhan manusia. selama ribuan tahun, tumbuhan ini telah dimanfaatkanuntuk tali temali dan pakaian di cina dan daerah timur lainnya. hemp dapat ditanam hampir dimana saja dan sesungguhnya memilikiribuan kegunaan. malah bahan utama mobil yangdirakit henry ford tahun 1941

terbuat dari plastik berbahan hemp. plastik tersebut lebih ringan dari besi dan mampu menahan sampai10x benturan tanpa penyok. lebih hebatnya lagi, banyak mobil rakitan ford seperti model t dirancang berbahan bakarethanol yang dibuat dari hemp. hemp yang ditanam di tanahhenry ford sendiri. pada tahun 2001 mobil berbahan bakarhemp diluncurkan di konvensi norml. mobil itu tidak berkarbon.

jumlah karbondioksida di atmosfer mampudiimbangi berkat siklus hidup tanaman ganja. ini mungkin tidak semengagumkanbila dibandingkan dengan mobil balap yang berbahanbakar sinar matahari. serat ganja adalah serat alamipaling kuat di planet ini. tidak mengherankan bila hemp telahdigunakan di inggris semenjak 400 masehi. kapal-kapal pelayaran padasaat itu, era nelson, mulai dari tali temali, layar kapalnya,semua terbuat dari hemp. kemungkinan besar nenek moyangmupernah mengenakan hemp. pakaian yang terbuat dari hempmampu melindungi dari sinar uv,

anti bakteri dan sangat kuat. sebagai contoh, pakaian yang terbuat dari hemp 3x lebih kuat, 4x lebih hangat, 7x lebih kuat danlebih tahan api daripada katun. bila didaur ulang, pakaian inibisa dijadikan kertas hemp kertas dari hemp jauh lebih baikdari kertas yang terbuat dari kayu. membuat kertas dari kayu itu semacam lelucon. pohon hanya memiliki 30% selulosa,yaitu bahan utama kertas. 70% sisanya harus dibuangmenggunakan zat kimia berbahaya.

hampir seluruh tanaman dibumi yang memiliki pokok kuat lebih cocok dijadikan bahanpembuat kertas daripada kayu pohon. khususnya hemp. karenamengandung hingga 85% selulosa. diatas itu, kertas hemp bertahan lebih lama dantidak menguning seiring waktu. dari 1 akre hasil hemp saja, mampu menghasilkan kertas setara dengan4-10 hektar pohon selama siklus 20 tahun. ini karena pokok hempdapat dipanen per 4 bulan, sedang pohon membutuhkan waktuhingga 80 tahun untuk dewasa.

93% kertas di dunia terbuat dari pohon. bila kau pikir bahwa penggundulan hutanadalah penyebab terbesar perubahan cuaca, sangat menggelikan jikahemp tidak dilirik untuk mengatasi ini. batang-batang di sebelah kiri menghasilkanlebih banyak serat paling baik. minyak dihasilkan dari biji ganjadigunakan untuk menyalakan api ini. ia juga digunakan dalam pengobatantradisional, atau sebagai makanan. mengkonsumsi biji ganja adalah salah satu halterbaik yang dapat kau lakukan untuk tubuhmu. biji ganja mengandungprotein alami paling tinggi. mengkonsumsi biji ganja dapat memperbesardan membersihkan pembuluh darah.

yang dapat membantu mencegahserangan jantung dan stroke. hebat! tapi makanan yang baikbagi tubuhmu bukanlah hal baru. tapi kau pasti tak tahu bilahemp digunakan dengan tepat, dapat menjadi bahan bangunanpaling pintar di dunia. ini adalah adonan hemp,atau dikenal dengan hurd. yaitu bagian dalam daribatang tanaman ganja. dicampur dengan campurankapur sebagai perekat. jadi dengan campuran kapur dan hempini kita dapatkan jejak karbon yang nihil. perbedaan antara kapurdengan beton adalah

kapur tak perlu terlalubanyak dipanaskan, seperti pada pemanasan betonyang butuh hampir 3000 derajat, yang membutuhkan banyak energi, juga meninggalkan banyak jejak karbon. hempcrete malah mengunci karbon. begini cara kerjanya. pertama, bahan selulosa apapun,contohnya kayu atau hemp, menyerap karbon sepanjang hidupnya. bila tanaman membusuk,ia melepaskan karbon kembali ke atmosfer.

bila kau ambil tanamantadi dan taruh di dinding, misalnya dalam bentuk hempcrete, maka karbon akan terkunci dalam dindinghingga tak menjadi bagian dari perubah cuaca. jadi jumlah hempcrete dalam satu bangunan ini saja, mampu menahan hingga 20.000 lbs karbon. ini suatu pencapaian yang lumayan besar. kurasa ini sistem dindingterbaik di seluruh dunia. jadi aku mendukung hemp sebagaimakanan, serat, bahan bangunan. tapi sesungguhnya aku memilih hempcrete karenabahan ini terbaik secara ilmu bangunan.

mengapa ini benar? pertama, ini yang sering disebut sebagai"sistem dinding yang dapat bernafas". bukan karena dapat diresapi udara,kami membangun dinding kedap udara. tapi air yang dapatmeresap ke dinding. mengapa ini menguntungkan? dalam dinding pada umumnya, ada bolongan yangdihimpit dengan kuat dan diisi insulasi. air dapat masuk ke dalambolongan itu karena air ada dimana-mana dan mampumelarutkan apapun. yang kami inginkan adalahmembuat bangunan yang menyambut air,

tapi tidak membusuk ketika dimasuki air. itulah yang dilakukan oleh hempcrete. ketika kelembapan berubah di luar bangunan, dinding akan meresap dan menyimpan kelembapanberlebih itu sampai kelembapan di luar turun, baru ia lepaskan kembali. sementara itu karena kapur menyelimutiselulosa, maka ia tak akan busuk. kapur sedang berubah menjadi batu.artinya bangunan ini akan menjadi semakin kuat seiring waktu. hingga akhirnya bangunanakan kokoh seperti batu.

jadi bangunan ini dapatbertahan selama ribuan tahun. bukan bangunan yang bertahan 40tahun yang biasa dibangun ayahku. jadi hemp dapat ditanamhampir dimana saja, ia dapat membuat pakaian yang tahanlama, lebih lama dari katun. plastik yang kuat. kertas yang lebih baik dari kayu pohon, dan hempcrete; bahan bangunanbaru yang luar biasa. bijinya dapat diubah menjadi bahanbakar biodiesel. atau dimakan. ini baru beberapa contoh darimanfaat tanaman cannabis.

hemp adalah salah satu tanaman paling tuadan berharga yang dikenal manusia. jadi mengapa kita tak melihattanaman ini dimana saja? tak ada jawaban mudah untuk pertanyaan ini.tapi kita boleh mencoba menelaah. pertama, katakanlah masyarakatbenar-benar menginginkan hemp, perusahaan minyak dan kayu jelas tidak,karena ini berarti persaingan baru. usaha mana yang ingin persaingan? penghasil kayu terbesar adalah amerika serikat.hemp dilarang ditanam di sana. tapi dulu tidak begitu. di tahun 1937, pajak marijuana diperkenalkan.yang kemudian menyebabkan pelarangan.

mengakibatkan marijuana dan hempdipandang sama di mata hukum. pada masa ini, pekerja meksiko dan musisi jazzseringkali dikaitkan dengan narkotika ini. ♫ have you ever met that funny reefer man? ♫ ♫ if he said he swam to china.want to sell you south carolina ♫ ♫ then you know you're talking to that reefer man. ♫ bahkan faktanya, kata "marijuana",diciptakan oleh para pro pelarangan, untuk merusak citra dannama baik tanaman hemp. keputusan untuk memperkenalkanpajak marijuana berdasarkan laporan darifederal bureau of narcotics.

sebagian dari laporan mereka diambil darikoran yang dimiliki willian randolph hearst yang dikenal melakukan "yellow journalism". ia secara rutin menciptakan beritasensasional, wawancara palsu, memasang foto palsudan mengaburkan fakta. kebetulan juga ia memiliki ketertarikanfinansial besar dalam industri kayu. ini adalah salah satu contohbagaimana industri raksasa berpengaruh besar dalampelarangan cannabis. bagaimana dengan perundangan di inggris?dapatkan kau menanam hemp di sini? tentu saja kita tahu hemptumbuh subur di sini.

kurasa pertanyaannya adalah,apakah kita diperbolehkan untuk menanamnya? hukum inggris menyatakan bahwabila kau ingin menanam hemp, kau harus memiliki suratijin penanaman yang diawasi oleh departemen dalam negeri. tunggu.. bukankah kita sudah melihat ini sebelumnya? hemp untuk industri, di negara ini, harusmemiliki kadar thc kurang dari 0.2%. jadi kesempatan untuk gitingdari hemp sangat kecil. pada umumnya, kadar thc yangdigunakan untuk tujuan medis

atau rekreasional paling sedikitharus memiliki kadar thc 10%. jadi hemp jauh di bawahitu dengan kadar thc 0.2%. artinya kau tak dapat gitingmenghisap hemp (ganja industri). tetapi ia masih diperlakukanberbeda dengan tanaman lainnya. jadi mengapa kau membutuhkan ijin? kau membutuhkan ijin karena tanaman inicannabis, dan tanaman cannabis itu buruk. kebetulan opium, tanaman poppy, juga buruk.. nama ilmiahnya papaver somniferumkalau tak salah.

tetapi maksud saya, kau dapat berjalandi jalan mana saja di negara ini, kau dapat temukan tanaman poppy. untuk tujuan medis, bukan yang lainnya. tapi tidak ada penggerebekanatau mengirimkan polisi anti huru-hara untuk menghentikan nenekyang menanam poppy. tapi coba saja kau tanam cannabis. sebelum diberi ijin, kau harusmenyediakan surat berkelakuan baik. kami hendak bertanya kepadadepartemen dalam negeri, mengapa menanam hempmembutuhkan surat kelakuan baik?

hai.. ini luke bailey dari blogtopus. kami sedang membuat film tentangcannabis, sifatnya mendidik.. membicarakan tentang.. ya.. kau akan menyambungkan aku dengan.. baiklah, terima kasih.. ya.. aku dihubungkan denganmu.kami berharap seseorang dari departemen dalam negeribisa bersedia berbicara. ya.. aku diminta menunggu lagi..

jadi tidak ada orang sama sekali? entahlah.. tidak ada cara lain selain mengasumsi.. kita bisa membandingan undang-undangdi inggris dan belanda.. tapi kalau mereka tak mau bicara,tak ada yang bisa kita lakukan. mari coba kita mulai dari amerika. dimana kita boleh menanam cannabisdi bawah undang-undang federal, tetapi undang-undang mengenai cannabisberubah sesuai dengan negara bagian. dari sinilah keadaan mulai membingungkan.

cannabis sebenarnya diperbolehkansecara legal untuk ditanam, disimpan dan dikonsumsi bila digunakan untuktujuan medis di 15 negara bagian. california adalah salahsatu negara bagian yang memperbolehkan kepemilikkancannabis hingga 8 ons dan menanam hingga 18 tanamanuntuk tujuan medis. sejak 1996, ketika undang-undang cannabis disahkan, diperkirakan sebanyak 150 apotikganja medis bermunculan.. ( green crack, sweet silver haze.. ) meski bisnis ini dilindungi olehundang-undang negara bagian,

usaha apotik ini masih dianggapmelawan undang-undang federal. karena masalah teknis ini, agen federal manapun dapatmenggerebek apotik seperti ini kapan saja. meski ada halangan, dengan jumlah pengguna yang memilikiijin medis melebihi 200.000 orang, sistem ini sepertinyaberjalan baik di california. di belanda, cannabis tak hanyalegal untuk keperluan medis, tapi juga disubsidi oleh pemerintah. seperti di california, hukum mengakuiperbedaan guna medis dan rekreasional.

produksi cannabis untuk medis diawasi sangat ketatdemi menjaga kualitas dan konsistensinya. para dokter di belanda dibolehkan untukmeresepkan pasien dengan cannabis. mereka mendukung penggunaancannabis saya dan percaya jika sesuatu memiliki manfaat medis, maka seharusnya kitadibolehkan menggunakannya. itu adalah pandangan dokterdi belanda pada umumnya. belanda juga memilikipasar legal yang booming. orang dari segala penjuru duniadatang ke belanda untuk mencoba toko dan kafe ganjamereka yang tersohor.

sebagian besar warga belandasangat bangga dengan hal ini. jadi ada perasaan nyaman yang munculketika kau mengunjungi daerah dimana warganya banggadengan uu narkotika mereka. aku merasa sangat aman jika aku di sana. pasar ini mendatangkan keuntungan2.5 milyar euro per tahun. ya.. 2.5 milyar euro (rp. 30 triliun) setiap tahunnya. jumlahnya menjadi 400 juta euro (rp. 4.8 triliun) dalam bentukpajak untuk penggunaan rekreasional saja. sementara, saat ini negarauni eropa lain mendapatkan keuntungan besar dari pasar cannabis legal,

inggris malah mengeluarkanmilyaran untuk mempertahankan pasar ilegal. tak ada kesiaan lebih besar lagidalam anggaran belanja negara selain biaya sebesar 19 milyar euro per tahun yang dibutuhkan inggris untuk memerangi narkoba. dimanapun ketika ada pelarangan, harga akan naik danpelaku kriminal akan terlibat. masalah tidak membaik malah memburuk. pelarangan alkohol merupakankesalahan di tahun 1920-an yang menyebabkan munculnya gangster.

setelah adanya pelarangan alkohol barulah muncul penjahat sepertial capone dan sebagainya. hal yang sama terjadi pada cannabis. terlalu mudah untukmembicarakan organisasi kriminal tanpa paham apa yangsebenarnya terjadi. orang-orang ini pelaku perdagangan manusia, perbudakan, penyiksaan, pembunuhan. ini kenyataan yang sangat gelap. kenyataannya, semua inididanai oleh cannabis.

karena ini bisnis yang sangat rendah resikodan mampu menghasilkan uang sangat banyak. tentu saja, polisi harusmenghentikan orang-orang ini, tapi orang-orang ini adalahhasil dari pelarangan. bayangkan infrastruktur yangmengelilingi pelarangan. pastilah besar dan rumit. seakan mengikat bola benang yang besar. sulit untuk menghentikan pelarangan. aku tidak cemburu. aku ingin sekali terlibat dalammenghentikan pelarangan.

tapi pada saat yangbersamaan, aku pun tak mau. jadi, kapan sebenarnya cannabismenjadi masalah besar di inggris? dimulai dari tahun 1925 di konvensi internasional mengenai substansi narkotika atau sesuatu. sebelum pembentukan pbb, pada waktu itumasih liga bangsa-bangsa. pada dasarnya konvensi ini mengenaipersetujuan kendali opium. opium, heroin dan sejenisnya. dan pada saat terakhir, perwakilan mesirdalam komite ini membahas hashish atau cannabis.

karena partai oposisi politikdi mesir pada waktu itu dihubungkan denganpenggunaan hashish. jadi ini merupakan tindakan politik. sejak saat itu cannabis menjadi ilegal. cannabis selalu berhadapan dengan politik,ilmu pengetahuan dan bukti-bukti ilmiah. selama 30 tahun terakhir, ia menjadicobaan bagi kebijakan narkotika. aku bekerja di acmd (dewan penasihatpenyalahgunaan narkotika) selama 10 tahun. selama itu kami mengerjakan 3kajian ulang tentang cannabis. yang pertama,

cannabis seharusnya bukan termasuk narkotikagolongan satu. ataupun golongan dua. seharusnya golongan tiga. pada tahun 2004 ia diturunkanke golongan tiga. ada beberapa media yangmembenci keputusan ini. kemudian ada pertarungan untukmenaikkan kembali golongannya. kami mengkaji ulang kembali dan berkatamemang seharusnya ia berada di golongan tiga. pemerintahan baru berkata, cannabis berbahaya. kami kaji ulang lagi, hasilnyatetap di golongan tiga. tapi karena tekanan politik waktu itu,mereka mengacuhkan saran kami.

para politisi bisa berlakuapapun yang mereka mau. mereka benar-benar tidakmenghiraukan bukti yang ada. tentu saja aku dipecat ketikaaku bilang ini soal ganja. menggelikan, kata mereka. kepala dewan penasihat uu narkotikadipecat karena memaksa bahwa alkohol dan rokok lebih berbahayadaripada cannabis dan ekstasi. menteri dalam negeri, alanjohnson berkata kini ia tak bisa lagi mempercayai saranyang diberikan prof. david nutt yang juga dikritik karenatidak menaikkan golongan cannabis

ke golongan yang lebih berbahaya. reporter danny santos melaporkan. masalah bermulai ketikapemerintah dengan gamblang mengacuhkan saran parailmuan mengenai cannabis. undang-undang cannabis harus dibuatberdasarkan fakta dan bukti. harusnya ini merupakanhal yang logis, bukan? maksudnya.. apakah kaubisa membayangkan, sebuah pemerintahan yang tak maumemiliki undang-undang narkotika yang didasarkan pada fakta dan bukti?

terdengar menggelikan.tapi pemerintah kita seperti itu. bukan hanya aku yang berbicara,komite pelayanan publik dan dpr juga dengan terbukamengkritik pemerintah karena menyetujui uu narkotika yang tidakdidasarkan pada fakta dan bukti, melainkan berdasarkanpendapat para politisi. aku diminta untuk mengundurkan diri tapikutolak karena kupikir itu tak pantas. kubilang sebaiknya aku dipecat karenaaku melakukan seluruh tanggung jawabku. pada dasarnya.. ketika itu situasinyasaya melawan pernyataan pemerintah mengenai klasifikasi ulang cannabis.

kebijakan pemerintah yang ketika itudikeluarkan oleh jackie smith dan goldenbrown untuk mengkriminalisasikan pengguna cannabis. kau mungkin tak tahu mengenai ini, tapi.. di tahun 2004, ada sekitar 85.000 orang yang mendapat catatan kriminalkarena kepemilikan ganja. jackie smith memutuskan bahwa ia akanmeningkatkan tekanan terhadap pengguna cannabis. selama 4 tahun kemudian,angkanya naik tiap tahun. pada tahun 2007, ada 160.000,menjadi 2x lipat hukuman. dan itu contoh jelas dari pemerintahanyang menggunakan sanksi kriminal

untuk mencegah orang menggunakan cannabis. kupikir itu menjijikan dan tidak manusiawi. juga tak berguna, karena.. mengkriminalkan orang malah mendatangkanlebih banyak hal buruk kepada mereka dibandingkan merokok beberapa batang ganja. cannabis akan merugikan seseorang jika iaseorang remaja, dipenjara lima tahun. itu akan sangat merugikan. menempatkan seseorang dalamlingkungan seperti itu. sangat mungkin bagi mereka, ketika keluarpenjara, mengalami gangguan kejiwaan.

mereka pikir penasihat pemerintah harusbertindak sesuai perintah pemerintah. pendapatku, mereka harus menyampaikanfakta sejujurnya pada pemerintah. tapi mereka tak menginginkan kejujuran. setelah profesor nutt pergi, adakekhawatiran pengunduran diri masal. uu narkotika digambarkan sebagai kegagalanketika anggota dewan lain keluar. yang membuatku khawatir adalah, obat-obat sintetik baru inidilarang tanpa diketahui sebabnya, hanya karena keberadaannya. kurasa ini sangat tidak ilmiah.

jadi aku menyiapkan komite baru bernamakomisi independen penelitian narkotika. untuk mengembangkan garis panduanmengenai penelitian obat-obatan baru. kuharap itu akan menjadi garis panduan acmd.(advisory council on misuse of drugs) jadi kita harus menunggubagaimana perkembangannya. tentu saja aku prihatin pemerintahmenyingkirkan para ilmuan. tapi kita tak tahu pasti apa yangakan pemerintah lakukan ke depannya. di tengah kebingungan politik ini, kitatak melihat hal yang paling jelas. kita bahkan belum membahastanaman itu sendiri. jadi apa saja bahayanya dan apa saja faktanya?

menurutmu apa saja bahaya cannabis? adiksi dan membahayakan dirimu sendiri. mungkin semacam schizophrenia atau paranoia? aku kurang yakin. bisa mengakibatkan relaksasi parah. kehilangan....um.. bisa mengarahkan kepada penggunaannarkotika berbahaya lainnya. agak klise memang tapi kurasa benar. yang kutahu itu buruk bagi paru-parumu.

kupikir itu semacam racun. kupikir bahaya terburukadalah kerusakan otak. ada banyak informasi yang salah tentang cannabis. dilakukan dengan sengajauntuk menakuti orang-orang dengan mengatakan cannabismembunuh dan merusak sel-sel otak. sejauh yang kita ketahuihal ini benar-benar mitos. bahkan kini beberapa orang percaya bahwacannabis bersifat neuroprotective. untuk melindungi otak darikemungkinan kerusakan. karena di dalam otak, ada milyaranreseptor untuk substansi ini

reseptor thc. otakmu seperti sedang menunggu anak kunciyang tepat untuk membuka gemboknya. cannabis pas sekali dengan reseptor-reseptor ini. otak menciptakan banyak substansi alami sebagai reseptor dan thc memiliki peran sangat pentingsupaya otak bekerja lancar. hal paling mengagumkan adalah kita sekarang paham, cannabinoids(zat-zat aktif ganja) sangat penting dalam beragam aspek kehidupan, juga dalam proses neurologis dansistem kekebalan dalam tubuh kita.

satu-satunya kandungan cannabinoidsalamiah yang terdapat di luar tubuh, ada di dalam tanaman cannabis. kau tak bisa mendapatkannya dari sumber lain. ada yang bilang cannabis sangat adiktif. tapi cannabis tak menyebabkanketergantungan, tidak seperti alkohol. dan jelas tidak se-adiktif tembakau atau heroin. ia membentuk kebiasaan baru. tapi apapun yangmenyenangkan bisa menyebabkan kebiasaan. ia juga sering dikatakandapat menyebabkan kanker. tentu saja merokok dapatmenyebabkan kanker paru-paru.

hanya saja cannabistidak separah tembakau. penelitian terakhir mengungkap hal-halyang menakjubkan tentang merokok cannabis. ditunjukkan bahwa, cannabis mampu melindungi perokok dariefek berbahaya karsinogenik dari tembakau. psikosis, adalah cerita menyeramkan terbaru. mereka kerap mengatakan, dahulu di tahun 1920-30an, katanya cannabis mengakibatkan wanita kulit putih berani berhubungan seksualdengan pria kulit hitam. "selamat datang di gudang otak."

"ah, anti-panik x-50." "tahukah, dulu sebelum ini keluar, kau hanyabutuh ganja, dan kekhawatiran hilang." "bayangkan itu. kau mau batang otaknya juga?" dengan strain yang lebih kuat dari sebelumnya, semakin kau mengkonsumsi cannabis,semakin ia akan merusak pikiranmu. tak diragukan lagi thc berpotensialuntuk menciptakan semacam efek psikosis. namun cbd, yang juga senyawa aktif dalamcannabis, memiliki efek anti-psikosis. jadi tanaman ini dikembangkan dengankandungan delta-9 thc yang lebih kuat. berbeda dengan sebelumnya.

tapi kau juga kehilangan elemen lain yang mungkin dapat meringankan atau melindungi efek thc. jadi ada untung-ruginya. tentu saja tanaman yang dikembangkanini berbeda dengan cannabis lainnya. meski jenis baru ini memiliki komponenpelindung psikoaktif yang lebih rendah, jenis ini sangat jarangmenyebabkan gangguan mental. tapi bisa saja memicu gejalaatau memperparah kondisi yang sudah adaseperti schizophrenia. banyak penderita schizophrenia, yang menggunakancannabis, gejala mereka semakin parah.

contohnya mereka yang seringmendengar suara-suara suara-suara itu menjadi semakin keras. tapi tak berarti bahwa cannabisyang menyebabkan schizophrenia. bahkan sangat jarang ditemukan kasuscannabis yang menyebabkan penyakit ini. cannabis hanya memicu gejala yang ada. yang coba kukatakan, sebagian orang menempatkanpenderita schizophrenia di posisi buruk, menyalahkan mereka dan penggunaan cannabissebagai penyebab penyakit mereka. ini tentu menyinggung mereka. karena kenyataannya,

banyak orang dengan schizophrenia merasabahwa cannabis adalah satu-satunya yang dapat membantu mereka dengangejala schizophrenia lainnya. seperti kecemasan, ketegangan,kehampaan hidup mereka. jadi meskipun mereka tahu bahwacannabis memperparah beberapa gejala, mereka masih menggunakannya karena adabanyak keuntungan positif lainnya. kita harus sangat hati-hati denganmenyalahkan para pengguna cannabis, hanya karena para dokter bilangcannabis memperparah kondisi yang ada, tidak berarti cannabis tidakmembantu kondisi di area lainnya. tak diragukan lagi, pada anak-anak atauremaja, dimana otak masih berkembang,

substansi apapun yang bersifat psikoaktif berpotensial merusak otak.ini sudah menjadi pengetahuan umum. menurutmu apakah kebanyakan bandarnarkoba memikirkan tentang usia, batasan umur atau kemapanan seseorang? tidak. kupikir pandanganumumnya adalah mencari uang jadi, kalau kau punya uang, kami ada barang. sebenarnya, sulit memastikan sejauh manapenggunaan narkotika ketika illegal. apa yang sangat kita butuhkanadalah sistem yang teratur.

ada pertanyaan lain seputar cannabisjenis baru yang membingungkan. orang-orang pikir karenakandungannya lebih kuat, akan serta merta menimbulkanefek lebih buruk terhadap otak. tentu saja itu benar, bila kaumerokok dalam jumlah yang sama. tapi analoginya bisa dikatakanseperti bir dan anggur (wine). anggur biasanya sampai 3x lebih kuat dari bir. tapi orang tidak selalu lebih mabuk oleh anggur, karena mereka tidak selalu minumanggur dalam jumlah banyak. kebanyakan orang tahu kadar kekuatananggur, maka mereka minum sewajarnya.

sudah jadi pengetahuan umum, alkohol dan tembakau membunuh jutaanorang dalam setahunnya di seluruh dunia. tapi berapa orang yang telah dibunuh cannabis? 1000 orang? kurang dari 100, lebih dari 50 orang? 100.000? bukankah dalam seminggu,orang akan mati karena cannabis? 100.000 orang. sudah kami katakan sejuta kali,kini kami katakan sekali lagi.

tak ada seorangpun pernah matikarena merokok cannabis. rasio terapi cannabis dengan jumlah yangharus dihisap untuk membunuh dirimu, jumlahnya harus luar biasa banyak. kau harus merokok luar biasa banyak,hampir terdengar konyol. cannabis tidak sebahaya alkohol dan tembakau, tapi bila kedapatan memiliki cannabiskau bisa dipenjara maksimal 5 tahun, dan denda yang tak terbatas. cannabis memang ilegal, namun segala sesuatu di luar cannabis,tapi berhubungan dengan cannabis, adalah legal.

kami berada di camden town, salah satukota di inggris yang menjual bong, grinder, baggy, stash box, rolling paper, semuanyauntuk keperluan merokok cannabis. para penjual ini bahkan tak berusahamenyembunyikan barang-barang ini. kami baru saja kembali darisalah satu toko di jalan camden. kami beli beberapa kertas linting. yang ini ada desain cannabisnya. keduanya terbuat dari hemp.yang terbuat dari cannabis. kami juga beli grinder, kaubisa lihat daun cannabis kecil. kau masukkan cannabis ke dalamini dan mulai menggiling.

tak ada tujuan lain selain menggiling cannabis, kau bisa saja gunakan untukmenggiling rempah-rempah tapi di depannya ada gambar gaun cannabis. aku masuk ke toko, taruh uangku di atasmeja, dan mereka langsung beri ini padaku. ini untuk orang-orang yang merokok cannabis. tentu saja buat mereka yang menanamtidak akan terlalu terbuka seperti ini. tidak juga. bahkan kau bisa membelisegala yang kau butuhkan untuk menanam cannabis di sana. bahkan benihnya.

dekat sini. ini tempatnya. ini toko yang menjualkebutuhan untuk menanam tanaman kesukaanmu di rumah. / oke. ada peralatan, pencahayaan,ventilasi, media tanam. apa yang membuat orang-orangmau menanam dalam ruangan? di negara ini kau tak dapat mengandalkancahaya matahari, karena cuaca. / ya. jadi menanam dalam ruangan adalah alternatifuntuk menanam tanaman apa saja. / oke. apa saja yang kau inginkan. / oke. jadi kau bisa menanam apa saja yangkau inginkan dalam ruangan. / ya.

ada banyak barang di sini, ada cannaterraprofessional plus dalam bungkus besar. ada tulisan 'canna' di beberapa barang ini.darimana asalnya? ini dari perusahaan belanda, jadi kurasa ini strategi pemasaran merekauntuk menarik lebih banyak pembeli. baiklah. jadi bagi orang yang ingin menanam ini. ya, jadi orang mungkin menghubungkanini dengan beberapa jenis.. tanaman? / ya, beberapa jenis tanaman./ baiklah. selanjutnya benda besar apa ini?penyaring karbon?

tepat sekali, itu penyaring karbon. kerjanya berbarengan dengan ekstraktor. / ya? jadi ekstraktor akan menghisapudara melalui penyaring karbon, ketika udara melewati ini, ia akanmenghilangkan seluruh bebauan. menghilangkan seluruh bebauan?/ ya baiklah, jadi orang lain tidak dapatmencium bau tanaman disekitar rumahnya. ya, tanaman dengan bebauanyang kuat, ketika udara keluar dari ujung ekstraktor,akan jadi udara bersih. ini adalah seperangkat lengkap.

ini adalah lingkungan terkendali untuk menanam. ada kurang lebih semuanya. tenda dari bahan yang memantulkan cahaya, untuk menghemat listrik dan cahaya. ada penyaring karbon, seperti yangtadi, untuk menghilangkan bebauan. di atas tenda ada ekstraktor. jadi ini perangkat lengkapnya. / ya. segala yang kau butuhkanuntuk mulai menanam. / ya. berapa biayanya?

sekitar â£300 (rp. 4 juta) untuk mulai menanam. untuk semuanya? / semuanya.termasuk tanah dan pupuk. perangkat lengkap organik mulai dari â£300. pertanyaan besar, aku akan langsungbertanya saja... / tentu. kami pernah mengunjungi beberapatempat "grow ops" cannabis, dan peralatan yang kami lihat di sanamirip dengan yang kau jual. apa ini mengejutkanmu?? banyak yang menggunakan perlengkapanini untuk menanam cannabis? aku tak terkejut. aku tak bertanya kepelangganku tentang apa yang mereka tanam.

kadang ketika datang mereka bilang.. 'aku mau menanam..ya, kau tahu apa yang mau kutanam.' kubilang 'aku tahu dan aku tak mautahu apa yang akan kau tanam, teman.' aku bisa memberikan beberapasaran bercocok tanam. tapi aku tak bisa memberikan sarantentang kegiatan ilegal apapun hampir semua toko peralatan menanammempunyai majalah ini.. toko peralatan menanam hidroponik? ya. / baiklah. lihat di halaman tiga.

jamaican dream ada di halaman tiga. kau bisa lihat banyaknya usahalegal yang mengiklankan benih, ini peralatan kecil untukbertanam di dalam ruangan. ada gambar beberapa orangyang berpose dengan tanaman. seluruh kebudayaan cannabis ini bergerakbawah tanah tapi sangat mapan dan rapih. jadi cannabis jelas merupakan bagian dari bisnis. kamu tahu kan kalau sebagian datangmembeli untuk menanam cannabis, kan? kau tak bisa naif dengan berpikir bahwa orangkemari untuk menanam.. sembarang tanaman. kau tak bisa naif. / ya.

tapi kami juga tak bisa mendukung itu. / ya. kau bisa memberi saran dan menjualperalatan tetapi tidak tentang cannabis. tepat. / baiklah. ini adalah usaha yang legal.mereka punya gudang, mereka menjual secara online dan mempunyai toko. kepada mereka yang membutuhkankeperluan bercocok segala jenis tanaman. tentu saja akan ada orang yang maumenanam cannabis, datang kesini. tapi semuanya legal di sini,produknya terkena pajak. tak ada yang mencurigakandengan menjual keperluan ini.

ini namanya canna boost, ini memberinutrisi untuk tanaman cannabis. ia dirancang untuk cannabis. kuduga ini dibeli oleh orangyang menanam cannabis. ini legal, kemasannya dibuat cukup cerdas. ada bagian ini untuk mengukur takaran. kami akan minum teh di tokokeperluan menanam cannabis. aku cukup terkejut. harus kuakui ini tidak sesuaidengan yang kuharapkan. aku berharap akan menemui seseorang yang licik,menjual barang-barang dengan licik

dengan harga yang licik, kepada orang-orang yang licik. ternyata hanya seorang priamenyenangkan dan istrinya, membangun usaha pertama mereka. dan kebanyakan pembelinyaadalah penanam cannabis. mereka tak melakukan apapun yang melanggar hukum. ini agak aneh, berada di dalam ruangan dimana ini akan digunakan untuk menanam cannabis, ini juga, lampu ini juga.

tapi ini semua tak melanggar hukum. melihat seluruh barang-barang ini, aku mengertibila orang-orang mau menanam cannabis. tentu asyik menanam cabai,tapi aku tak mau membayar peralatan seharga â£300 (rp. 4 juta)hanya untuk menanam cabai. saya tidak mau membayar semahalitu untuk menanam cabai saja. ya, kau akan mendapatkan cabai terbaik di dunia. cabainya akan luar biasa, tapi itu cuma cabai. pastilah cabai yang luar biasa. kau punya produk yang bertuliskan 'canna',

nutrisi yang dirancanguntuk menanam cannabis, ini semua legal dan pelangganmu bolehmembelinya, tapi apa saja yang dilarang hukum? hukum menyatakan kau tak bolehmengembang biakan satu benih cannabis. kau boleh membeli seluruh peralatan, pupuk, tapi kau tak boleh mengembiakan benih cannabis. kau boleh membeli benih, tapi takbisa mengembang biakan benih itu. jadi begitu kau tanam benihke tanah dan menyiramnya.. kau akan jadi kriminal. jadi kau baru saja membelibaju yang terbuat dari hemp.

selamat. kau bukan seorang kriminal. kau baru saja membeli bonguntuk menghisap ganja, kau masih bukan seorang kriminal. kau baru saja membeli semuakeperluan menanam cannabis, bahkan benihnya. selamat. kau warga yang baik. kau siapkan semua peralatan menanam. selamat, kau masih bukan seorang kriminal. kau sambil satu benih dan kau tanam,

apa yang membuatmu berpikirkau boleh melakukan itu? jelas sekali kita berada dalam situasi aneh. masalahnya adalah kita tak bisamenghentikan orang menanam cannabis jika mereka memang mau.terlepas dari apa tujuan mereka. aku tak menyarankan bahwa sebaiknyatak usah ada pelarangan sama sekali. ini kan memang substansi psikoaktif. jika kau menyalahgunakan substansiini, ia dapat menimbulkan bahaya. sama seperti jika kau menyalahgunakan apapun. ada beberapa orang yang sebaiknyatidak menggunakan cannabis.

tapi secara umum, pelarangan tak menolong orang-orang inisebaik seperti sistem regulasi yang baik. cannabis adalah narkotika golongan dua, hinggakebanyakan dari kita menganggap ia berbahaya. jelas kita berpikir ia takmempunyai keuntungan medis. cannabis mungkin obat-obatan paling tua. ia telah digunakan dalam praktekpengobatan lebih dari 4000 tahun. ia menyembuhkan banyak penyakit. ratu victoria terkenal menggunakancannabis untuk sakit menstruasi. obat cannabis ini diterimadan digunakan masyarakat.

ia diresepkan kepada orang yangmemiliki asma, segala macam keluhan. dulu ia sangat berguna, sekarang ia tak diterima sama sekali. sejarah kegunaan cannabis medis diinggris adalah sejarah yang menyedihkan. ia legal sebagai medis sampai tahun 1971. lalu beberapa dokter umum dilondon yang sangat pro cannabis mulai meresepkan untukkebutuhan yang bukan medis. mereka mulai meresepkan ke orang-orang. waktu itu dalam bentuk cair, mereka bilang'teteskan ini dirokokmu dan bakarlah.'

ketika itu mereka berusahauntuk melegalkan cannabis. mereka membelokkan kepentingancannabis medis jadi rekreasi. pemerintah waktu itu bereaksisebagaimana pemerintah manapun dengan bereaksi berlebihan, irasional. mereka melarang cannabis medis untuk menghentikan sebuah kesalahan. gara-gara kesalahan tak berarti. pemerintah bilang jika mereka melarang cannabis, itu akan menghentikan penggunaan cannabis. di tahun 1971, sekitar 1/2 juta

dari 50 juta penduduk inggris yangpernah mencoba cannabis. ia dilarang, 40 tahun kemudian hampir 1/2 dari seluruh pendudukinggris pernah menggunakan cannabis. jadi pelarangan itu tak berpengaruhterhadap penggunaan cannabis. yang dilakukannya adalahmenjadikan kriminal orang-orang yang memang membutuhkancannabis untuk keperluan medis. pasti ada puluhan ribu orang dinegara ini, mungkin sebanyak 100.000 orang yang menggunakancannabis untuk keperluan medis. meskipun menolak diwawancarai,pegawai depdagri khawatir

cannabis mengakibatkan kecanduandan meningkatkan resiko psikosis. mereka merangkumkan, cannabis tak memilikikeuntungan medis dalam bentuk herbal. pernyataan pemerintah betul-betul tak masuk akal, tak ada kata lain untuk menggambarkannya. mereka bilang tak adamanfaat medis dalam cannabis. sementara itu mereka menyetujui sativex,yang adalah cannabis. mereka mengemas dalam bentuk fisikdan memasarkannya dengan bilang bahwa dia berasal dari cannabis, katanya obat ini dari cannabis,

ekstrak dari 2 cannabinoids, thc dan cbd. tapi secara teknis ini adalah 'cannabis tincture'. jadi mereka memotong daun cannabis medis, cincang halus, direndam dalam larutan alkohol, dipanaskan perlahan, lalu hasilnya disaring, dan dinamai sativex. sativex adalah cannabis.

obat ini jarang sekali digunakankarena mahal dan bukan 'formularist'. tapi setidaknya kini orang bisamendapatkan obat resep ini. meski sativex dapat mendukungusaha pelegalan cannabis, ia jauh dari cannabis legaldi california atau belanda. masalahnya, cannabis lebih berkhasiatdalam bentuk alaminya. dan kau tak bisa mempatenkan tanaman. ini berarti perusahan farmasi takdapat memperoleh uang darinya. karena orang dapat menanam sendiri. sativex mendapat keuntungandari mengolah cannabis.

menjadikannya lebih mahal tapi kurang berkhasiat. hal ini berdampak kepada siapa? para pasien. ini testimonial penggunaancannabis medis pertama di inggris. namaku sarah martin. aku mengidap sklerosis ganda (multiple sclerosis) yang kuobati dan berhasilcukup baik dengan cannabis. kami menemui sarah. cannabis menghilangkan gejala-gejalams yang memudahkan hidupku.

aku tak kaku, kram, rasa sakitseperti ditusuk jarum juga hilang. itu salah satu gejala paling mengganggu. kebas juga menghilang sedikit, hingga aku bisa merasakan tekstur benda lagi. semua berkat cannabis. cannabis yang ilegal, tapi sarah berbaik hati dengan mengijinkankami masuk ke ruang tanam cannabisnya. dimana kunci sialan itu. tanaman yang benar-benar berbeda.

baunya seperti 'hugh's garden'. aku menanam ganjaku sendiri karenaaku tak diberikan pilihan lain. jika aku tak menanam sendiri,aku harus beli di jalanan, dimana ganjanya seringkali tercemar, pupuk kuat yang diberikan ketanamanini tak dibersihkan dengan baik dan aku akan mencerna zat-zat tersebut. aku akan menghisapnya ke dalam paru-paruku. jadi aku menanam sendiri supaya aku dapat memastikan

kualitas medis dan kebersihan tanamannya. aku hanya punya ini, tak ada yang mewah. berapa biaya seluruhnya? tenda â£100 (rp. 1,5 juta), pencahayaanâ£150 (rp. 2,2 juta), mungkin kurang. tanaman kudapat dengan gratis. seluruh benih berasal dari sumbangan. bila sarah tak menanam cannabisnya sendiri, iaharus ke jalanan untuk mendapatkan obatnya. darimanapun asalnya, tak biasanya diketahui. begitu juga kondisi cocok tanam, juga jenisnya.

ada kesegeraan untuk merancangperaturan cannabis untuk medis. ini bukan tentang keegoisan kegiatanrekreasionalku, bahwa aku menyukai giting. ini tentang orang-orang di luar sanayang sedang kesakitan dan sangat butuh manfaatcannabis medis. aku menggunakan cannabis karenaia meredakan segala gejala ms. tanpa efek samping kimia yangmengerikan dari perusahaan farmasi. cannabis hampir selalu lebih amandari obat-obatan farmasi. dokter neurologisku tak menginginkankumenggunakan obat farmasi, mereka tak pernah menyarankankumenggunakan obat farmasi

karena mereka tahu bahayanya. salah satu alasan mengapacannabis adalah obat aman ialah karena kau tak dapatmati overdosis karenanya. tak seperti alkohol dimana4x kadar batasan menyetir dapat menyebabkan kematian. obat-obatan resep di inggrismungkin bertanggung jawab terhadap kematian sejumlah 1200 tiap tahunnya. dokterku memberi obat anti kedutdalam bentuk pil. masih kusimpan di lantai atas.

ia berkata 'ambil obat ini,satu-satunya jalan keluar.' aku tak pernah melakukannya. karena cara ia menyampaikannya seolah berkata ini sangat berbahaya, ambilbila benar-benar diperlukan. apa pendapat doktermu tentangkau menggunakan cannabis? aku mendapat dukungan. dukungan penuh. cannabis membuatku sehat dan mereka melihat itu. ketika aku menemui mereka,mereka dapat melihat aku sehat. tapi mereka tak dapat merekomendasikancannabis karena hukum.

sarah bukan satu-satunya. ada komunitas online pengguna cannabismedis dalam jumlah yang besar. meskipun orang sepertiku punyakeberanian untuk bilang 'lihatlah! aku menolong orang, menanam cannabis,memasangnya di internet' dan sebagainya, polisi tak menghampiri danmemasukanku ke dalam sel penjara. atau ditelepon pemerintah danberkata 'apa yang kau lakukan?!' mereka hanya bersikap seperti'jangan berisik, mungkin dia akan pergi sendiri'. sejujurnya aku tak dapat melihatalasan melarang orang merokok cannabis bila mereka memang benardapat tertolong melaluinya.

kau tak harus merokok cannabis.kau bisa memakannya. kau bisa mengolesnya, diubah menjadi minyakatau gel yang bisa dioleskan di kulitmu. bila yang sakit adalah ototmu,oleskan langsung di area sakitnya. teknik lainnya adalah penguapan. menghembuskan udara panas, 180 derajat celcius hingga menghasilkan uap dari tanaman cannabis. sama sekali tak ada pembakaran. pasang corongnya. apa yang akan kau lakukan tanpa cannabis?

aku tak akan mau hidup. konyol bagi tanaman yang tidakmembahayakan seperti cannabis, tak tersedia bagi orang-orangyang membutuhkannya. ini tidak adil, ini keji.ini lebih dari keji, ini jahat. sesuatu harus dilakukan terhadap ini. semua kalangan masyarakat menggunakan cannabis. tapi kita tidak. kami melakukan riset selama tigabulan untuk pembuatan film ini. dan masih belum jelas bagi kami,mengapa kita menghindari

manfaat cannabis untuk medis dan industri,hanya karena beberapa orang giting? di masa yang terkadang sulit, kondisikesulitan uang, juga beban hutang, menanam dan menjual cannabisdalam jumlah besar adalah cara singkat mendapatkan uang dalam jumlah besar. kita berada di situasi yang aneh dimanasemua orang tahu hukum telah menang, namun tak seorangpun berani berkatahukum itu salah dan harus diubah. akan terjadi 'ratchet effect' dimanadua parpol bersaing ketat karena mereka pikir dengan demikianmereka akan dapat suara. padahal tidak. tapi merekaterpaku dengan pola pikir itu.

mereka tak dapat berpikir jernih. cannabis memberiku jalan untuk hidup. yang kita butuhkan hanyalahkejelasan dan kebenaran. maka manfaat cannabis dapatdibuktikan dengan sendirinya. thanks for watching. subtitle oleh educannabis.com download subtitle indonesia dieducannabis.com/download


If you want to know about herbal product visit IBHIndo Herbal Indonesia. Also best herbal product for diabetes visit Obat Diabetes Alami - Obat Herbal Diabetes Paling Ampuh. Visit Jual Obat for online shoping herbal medicine.